Senin, 20 April 2009

Say No to Racism

Aneh..........
Konferensi Durban II di Genewa, malah jadi kacau. 40 diplomat dari inggris dan Prancis malah Walk-out, hanya karena Pidato Ahmadinejad menyebut-nyebut Israel sebagai Racis. padahal kita juga tahu, memang seperti itu bukan. Tangisan dan teriakan dari anak-anak di Gaza yang dibantai Israel rasanya masih terngiang ditelinga kita.
para Diplomat Uni Eropa itu memang tak punya cukup keberanian, seperti yang dimiliki Ahmadinejad. pikir saja coba, disaat Israel meluluh lantahkan Gaza, ribuan anak dibantai, mereka samasekali tak bergeming, diam seribu bahasa. tapi, saat ahmadinajad pidato dan menyinggung Israel, mereka malah Walk-out.
saya jadi teringat dengan peristiwa di Wina, sekitar tahun 90-an, saat Edward Said diminta untuk menyampaikan orasi peringatan kematian Sigmund Freude. Saat tahu bahwa Edward Said yang hadir, sontak kaum komunitas Yahudi di Wina berang. mereka menolak kehadiran Said yang dikatakannya sebagai setan Racism. hanya karena Edward Said pernah melakukan ritual lempar batu kecil di daerah ebanon Selatan untuk memperingati hengkangnya Tentara Yahudi dari tanah Lebanon.
Huh......Edward Said yang meskipun beragama Kristen, dia tetap teguh membela Palestina. Lalu, kita yang katanya sudah mantab dengan keislaman, apakah juga berani seperti itu?.........entahlah. yang pasti pejuang anti rasis, kenyataanya malah jadi dituduh pelaku racism, Aneh bukan.............

Tidak ada komentar: